Our Division

Menghitung Struktur Menara dengan MS Tower

MS TOWER merupakan software yang khusus diperuntukkan menghitung suatu struktur menara/tower dengan berbagai bentuk dan tipenya. Struktur menara yang biasanya digunakan untuk:
– Telekomunikasi
– Listrik
– Internet
– Radio
– Radar

Berbeda dengan SAP2000, ETAB dan STAADPRO yang biasa kita pakai di dunia pertekniksipilan selama kuliah, software ini cukup asing ditelinga. Kenapa?? Karena selama kita berkuliah, kita lebih banyak menghabiskan waktu dalam mempelajari struktur, pondasi, jembatan tetapi untuk desain tower-tower benar-benar baru buat kita.
Mencari lokasi kursus pelatihan MS. TOWER inipun cukup sulit, karena ahli-ahli MS TOWER di Indonesia sendiri terbilang langka.

Adapun keunggulan penggunaan MS TOWER adalah:
1. Dapat menghitung beban angin dan mendistribusikannya ke struktur secara otomatis
2. Tinjauan sudut terhadap beban angin bisa seminimal mungkin
3. Penyaluran beban angin bisa menyesuaikan bentuk profil struktur yang terkena angin, misalnya berupa bidang datar atau bidang lengkung dari profil bentuk bulat
4. Penyaluran beban angin bisa menyesuaikan bentuk dan luasana antena yang terkena angin.
5. Jumlah dan dimensi baut yang dipasang bisa diinput untuk dicek kapasitas kemampuannya.

Adapun kekurangannya:
1. Input masih menggunakan teks
2. Template bentuk tower terbatas
3. Spesifikasi Peraturan yang digunakan terbatas.

2 item yang paling utama adalah TD dan TWR…
Untuk TD berfungsi untuk membangun tipe tower seperti apa yang kita inginkan. Berapa ketinggian, berapa panel, lebar kaki-kaki tower, profil tower, penentuan diameter baut. kemudian ada TWR, disini kita menginput load case atau beban yang akan bekerja di tower termasuk kombinasi pembebanannya.
Untuk perintah yang dimasukkan sudah standar jadi jangan asal masukkan perintah, karena MS TOWER gak bakal bisa di-run kalau salah sedikit saja. Itulah kelemahannya. Untuk lebih jelasnya lihat di bagian HELP (paling kanan program MS TOWER nya).

Software ini sangat berguna bagi perusahaan tempat saya bekerja. Kita diminta untuk bisa mendesain tower-tower transmisi.

Related News