Tips Merender Dengan VRAY SKETCHUP

Render Dengan Sketchup – Anda dapat membuat objek 3D dengan mudah dan cepat menggunakan aplikasi Sketchup. Namun untuk proses tahap akhir seperti rendering, anda perlu menggunakan aplikasi 3dparty seperti vray, maxwell dan lain-lain.

Buatlah Modeling Yang Maksimal

Maksudnya adalah buatlah model sedetail mungkin. Kalau dari awal modelingnya aja udah berantakan, ya hasil akhirnya juga gak akan beda jauh berantakannya.

 

Buat Model Gambar Seperlunya Saja

Jangan mentang-mentang lagi seneng gambar terus modeling gak pake kira-kira. Modeling harus disesuaikan dengan kapasitas Laptop. Entar nyesel sendiri lho kalo gambarnya ternyata gak kuat dirender karena terlalu berat.

 

Setingan Pada Render Options Editor

Atur Setingan pada Render Options untuk menambah nilai real dari gambar. Sebenarnya options standar yang udah bawaan dari vray-nya sih menurutku sudah Ok

 

Aturlah Pencahayaan

Biasakan mengatur pencahayaan seperti nilai intensitas, warna, dan kelembutan cahaya. Atur menurut feeling kalian sendiri-sendiri ( Karakter setiap desainer akan beda-beda ), yang penting dalam batas yang wajar. Kalian bisa mengamati dulu dikenyataannya itu seperti apa. Kalau gambar di atas tadi pencahayaan ruangannya aku seting seperti ini :

 

Aturlah Nilai Bump

Aturlah nilai bump pada material model yang menurut kita perlu ( bahasa mudahnya adalah nilai tekstur atau kekasaran suatau benda ). Misalkan rumput, gak adakan yang halus dan flet rata sama tanah, pasti ada ujung-ujungnya kan ? Kalau gambar diatas yang saya atur nilai bumpnya adalah pada lantai keramik, papan kayu, karpet, bantal, dan tanaman. Ingat, setiap material nilainya akan berbeda-beda tergantung kebutuhan. Untuk lantainya aku atur seperti di bawah ini :

Aturlah Nilai Reflection

Kalau ini bahasa mudahnya adalah pemantulan pada benda, misalkan pada cermin. Kalau gambar di atas tadi yang atur atur nilai reflectionnya adalah pada material keramik saja ( aku sedikit memberi nilai reflection pada keramik ). Lihat pada gambar di bawah. Caranya adalah Klik icon material pada vray – Klik kanan pada Material List yang akan diberi nilai reflection – Create Layer – lalu pilih Reflection.

 

Sumber : http://goresantanganzatyc.blogspot.co.id/2015/02/tips-merender-dengan-vray-sketchup.html

Ingin Mengikuti Pelatihan Tersebut
DAFTAR VIA WHATSAPP

Related News