Fungsi Utama Site Engineer Dalam Proyek konstruksi

Fungsi Utama Site Engineer Kontraktor Dalam Proyek Kontruksi

Dalam pelaksanaan proyek kontruksi, dibutuhkan beberapa sumber daya manusia yang ahli dan mumpuni di bidangnya. Biasanya dari pihak kontraktor akan membentuk suatu tim dengan berdasarkan jobdesk dan tanggung jawabnya. Salah satu jabatan penting selama proses pembangunan kontruksi adalah site engineer
Site engineer merupakan sebutan untuk seseorang yang memiliki kemampuan dan analisa yang baik terhadap perhitungan teknik kontruksi, nilai-nilai kontruksi, pengawasan proyek, dan lain sebagainya. Site Engineer merupakan pembantu tugas manager proyek yang memiliki tugas dalam perencanaan teknis dan material yang meliputi menyediakan seluruh shop drawing, membuat perhitungan konstruksi yang diperlukan, menentukan spesifikasi data teknis bahan dan volume pekerjaan. Selain itu, juga membuat metode pelaksanaan yang diperlukan oleh proyek dan waktu kerja yang diperlukan.

Ikuti info pelatihan teknik sipil di Zamil Consulting

Site engineer bertugas memberikan bantuan dan pertimbangan teknis kepada project manager terhadap masalah teknis yang dihadapi dilapangam, serta mengawasi pekerjaan pada bidang masing-masing dilapangan. Dengan demikian sudah jelas bahwa site engineer pada setiap proyek pembangunan sangat dibutuhkan.

5 Fungsi Utama Site Engineer Kontraktor :

Berikut ini terdapat beberapa poin atau fungsi mengingat pentingnya site engineer pada setiap proyek, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan Analisa dan Pemecahan Masalah

Dalam setiap proyek kontruksi segala kendala dan masalah pasti akan sering terjadi dan tidak dapat dihindari, dalam hal ini site engineer harus dapat melakukan suatu analisa permasalahan dan memberikan strategi pemecahan masalahnya. Maka dari itu ,kemampuan dalam menganalisa yang baik sangat penting.

  1. Mengawasi Kelancaran Proyek

Site engineer dalam perusahaan kontraktor harus dapat memastikan bahwa aktivitas proyek berjalan dengan baik, yaitu dengan melakukan pengawasan langsung ke lapangan, sehingga segala aspek yang telah direncanakan akan tercapai sesuai target.

  1. Mengatur Perencanaan dan Laporan Aktivitas Proyek Secara Periodik

Aktivitas suatu proyek kontruksi tidak akan berjalan dengan baik dan maksimal tanpa adanya perencanaan serta laporan untuk dilakukan evaluasi, site engineer harus mengatur perencanaan aktivitas proyek setiap harinya dan memberikan suatu laporan hasil aktivitas secara periodik. Hal ini sangat penting guna proses evaluasi kerja.

  1. Pembuatan Shop Drawing

Dalam perusahaan kontraktor, site engineer harus dapat membuat shop drawing, shop drawing dibuat setiap adanya tahap kerja yang akan dilakukan, shop drawing dibuat untuk menjadi acuan dan panduan selama proses kerja proyek berlangsung, yaitu menggambarkan teknis dan pedoman pelaksanaan secara detail.

  1. Menentukan Penggunaan Material Dengan Tepat

Material proyek kontruksi menjadi elemen utama yang dibutuhkan, perencanaan dan analisa akan kebutuhan penggunaan material yang tepat akan sangat mempengaruhi suksesnya suatu proyek, hal ini akan menghindari kesalahan-kesalahan material atau ketidakseimbangan komposisi material. Maka ini merupakan fungsi utama yang paling penting bagi seorang site engineer.

Dalam proyek kontruksi banyak hal-hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan, site engineer kontraktor harus melakukan segala pekerjaan dengan kompeten dan detail, bahkan para kontraktor interior juga selalu melakukan proses perencanaan yang panjang sebelum melakukan pekerjaan nya. Hal ini akan membuat pelaksanaan suatu proyek kontruksi berjalan dengan baik.