PELATIHAN MANAJEMEN KONSTRUKSI

PUBLIC TRAINING COST ENGINEERING & MANAGEMENT SERIES

“Great Power comes with Great Responsibility”

Sloganyang sesuai untuk menggambarkan pekerjaan seorang Manajer Proyek.  Bahwa kekuatan yang besar datang bersamatanggung jawab yang besar pula. Besarnya kekuatan seorang manajer proyek, akanberiringan dengan tanggung jawabnya yang juga besar.

Pada tanggal 14-15 Desember 2019, Zamil Consulting mengadakan Public Training Project Management Construction Cost Engineering. Public Training ini diikuti oleh beberapa peserta yang berasal dari berbagai instansi, mulai dari praktisi dari PT. Synergy, kontraktor, dan akademisi/pengajar dari Teknik Sipil dan Lingkungan UGM. Sementara itu, Trainer dari Public Training ini yaitu Bapak Fauzi Pohan, S.T., M.T. Beliu telah berpengalaman bekerja 18 tahun, dengan 10 tahun berada di level Manajerial berbagai Perusahaa EPC (BUMN, Swasta, dan PMA), serta menjadi praktisi bisnis konstruksi sejak tahun 2016.

pelatihan manajemen konstruksi

Manajemen proyek merupakan keseluruhan dari perencanaan, koordinasi dan kontrol suatu proyek, dimana dari awal proyek sampai selesai dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan klien dalam rangka untuk menghasilkan fungsional dan proyek yang layak secara finansial atau keuangan, yang akan diselesaikan pada waktu yang ditentukan dengan biaya tertentu, metode pelaksanaan yang efektif dan dengan standar kualitas yang dibutuhkan. Pemahaman yang baik tentang manajemen proyek mutlak diperlukan untuk mencapai efisiensi.

Cost Engineering adalah adalah suatu bidang engineering yang meliputi penerapan prinsip – prinsip ilmiah dan teknik dengan menggunakan pengalaman dan pertimbangan- pertimbangan engineering dalam masalah-masalah estimasi biaya, pengendalian biaya dan ekonomi teknik. Cost Engineering menjadi semakin berkembang didorong oleh kesadaran Manajemen dalam industri, mengenai hal-hal yang menyangkut cost. Cost engineering terbagi menjadi dua bidang besar, yaitu :

  • Cost Estimating (Estimasi biaya)
  • Cost Control (Pengendalain biaya)

Dengan demikianperan seorang cost engineer ada dua yaitu memperkirakan biaya proyek danmengendalikan (mengontrol) realisasi biaya sesuai batasan-batasan yang ada padaestimasi. Dalam proyek konstruksi, apalagi proyek-proyek yang besar, peranan cost engineer penting sekali dalampelaksanaan proyek, agar tidak terjadi kekacauan keuangan (financial chaos) yang disebabkan oleh lemahnya estimasi maupuncontrol.

MATERI

Materi atau topik yang dibahas dalam Public Training ini yaitu Manajemen Proyek Konstruksi (Construction Project Management), Manajemen Lingkup (Scope Management), Hubungan antara waktu dan biaya (Time and Cost Relation), Produktivitas Pekerjaan (Productivity of Work), Unsur-unsur Biaya (Cost of Component), Quantity Survey, Estimasi Biaya (Cost Estimation), Penganggaran Biaya (Cost Budgeting), Pengendalian Biaya (Cost Controlling), Pengendalian Likuiditas Proyek (Project Liquidity Controlling).

TUJUAN

Goal dari PublicTraining ini yaitu peserta dapat memahami pengertian manajemen, proyek danmanajemen proyek, mengetahui cara menetapkan sasaran proyek (biaya, mutu danwaktu), mengetahui cara menentukan kriteria sukses sebuah proyek, mengetahuiprinsip utama menentukan strategi mencapai sasaran proyek, memahami dan mengetahuibagaimana membentuk satuan rincian kerja (WBS), memahami prinsip penjadwalan,alokasi sumber daya dan menyusun anggaran proyek, mengetahui fungsi dan peranseorang pemimpin proyek, mengetahui kompetensi yang harus dimiliki oleh seorangmanajer proyek, memahami prinsip-prinsip pengendalian proyek serta prinsipdalam melakukan crash program, mengetahui bagaimanapengendalian keuangan proyek, dan bagaimana memahami bagaimana menulis laporanhasil kegiatan proyek.

Public Training ini dapat diikuti oleh manajer dan asisten manajer/manajer madya, praktisi pembangunan, konsultan, supervisor, mahasiswa dan cocok untuk semua staf

Beberapa testimoni dari para peserta Public Training ini


“Nama saya Arief Ramadhan Putra, untuk training kali ini cukup menarik, dan penjelasan dari trainernya juga mudah dipahami. Harapannya ilmu yang saya dapatkan bisa bermanfaat ke depannya terus juga banyak yang didapat juga, terima kasih.

(Arief Ramadhan P-UGM)


“Nama saya Power Mercy Aritonang, jadi banyak sekali yang saya dapatkan dari pelatihan kali ini dari Zamil Consulting , pembicara juga memaparkan dengan baik, dengan pemahaman dan keilmuan dari pembicara yang juga baik, menjadi ilmu yang bagus untuk kami, dan semoga bisa mengikuti pada training-training selanjutnya , untuk training selanjutnya juga bisa lebih detail lagi, pada kasus-kasus tertentu, dalam kasus global juga lebih detail lagi. Terima kasih”

(Power Mercy Aritonang)



Saya Zanuar Muhammad Ilham, kesan pesan untuk training yang sudah saya lewati sekarang dari Zamil Consulting sangat berkesan , banyak ilmu yang didapat, trainernya juga jelas dalam menyampaikan pendapat, materinya juga cukup banyak, waktunya ya dua hari untuk materi itu cukup sih, tapi kelak saya akan mengikuti training-training yang lain lagi supaya ilmu saya semakin banyak, Terima kasih.

(Zanuar Muhammad Ilham)


Kesannya cukup menambah ilmu, dan trainernya bagus ya, cukup pengalaman yang banyak di bidang konstruksi.

(Pramono Indrawanto-PT. Synergy)

Anda ingin mengikuti Public Training Cost Engineering?

Zamil Consulting jawabannya !