SOFTWARE TEKNIK SIPIL

Software Teknik Sipil

Penguasaan terhadap software adalah tuntutan utama bagi dunia kerja saat ini tidak terkecuali para insinyur teknik sipil. Sebagai teknik sipil pastinya tahu bahwa persaingan dan tuntutan profesi setelah lulus begitu ketat, jadi selama masih kuliah kamu harus mempersiapkan diri dengan baik lho.

Sudah saatnya kamu berhenti mengutuk bahwa dunia kerja itu keras guys. Dari pada ngabisin waktu ngeluh mendingan kamu kuasain dulu nih 12 software berikut ini biar makin percaya diri untuk ngelamar kerja di bidang kontruksi. 

12 Software Teknik Sipil Untuk Siap Kerja

AutoCAD

AutoCADadalah software utama yang harus dikuasai bagi kamu para mahasiswa teknik termasukteknik sipil. Software ini akan membantumu menggambar 2D atau bahkan 3D. Hampirseluruh pekerjaan di bidang kontruksi mensyaratkan penguasaan CAD lho.

SAP 2000

Kamu yang senang bangunan gedung wajib hukumnya nih nguasain SAP 2000 yang akan membantu menganalisa kelayakan hasil desainmu.

SAP2000 merupakan program analisis dan desain keluaran University of California, Berkeley, AS, yang sangat fleksibel diterapkan untuk beragam jenis struktur seperti bangunan gedung, jembatan, tower, offshore structures, dan tipe struktur lainnya. Program ini tergolong praktis antara lain karena pembuatan model yang sudah berbasis grafis, kemudahan merubah model sesuai keinginan, analisis ulang struktur secara cepat tanpa harus mengulang dari awal, beberapa dukungan database (misal data profil atau input data gempa), pengolahan hasil output secara lengkap dan fleksibel dengan teks biasa atau spreadsheet. Dengan kemampuan analisis secara 3D sampai tahap non-linier dan dinamik, tidak pelak program ini menjadi trademark yang perlu untuk dipelajari dan dikuasai oleh setiap insinyur sipil.

HEC-RAS

Dibuatoleh U.S Army Corps of Engineers (USACE), HEC-RAS jadi software yang palingbisa diandalkan untuk analisis bangunan air seperti bendungan dan waduk.

ETABS

Selainmenguasai SAP 2000, ada baiknya kamu juga mulai belajar menggunakan softwareETabs. ETabs mampu menghadirkan analisis untuk setiap keperluan desainmumisalnya saja ketahanan bangunan terhadap gempa.

PLAXIS

Plaxisadalah aplikasi yang diperuntukan untuk kamu yang tertarik ilmu geoteknik.Dengan aplikasi ini kamu bisa mendapatkan informasi perihal stabilitas lerenglokasi proyek untuk mencegah longsor dan berbagai runtuhan yang tidakdiinginkan.

AUTOCAD CIVIL 3D

SebenarnyaAutoCAD CIVIL 3D adalah pengembangan AutoCAD yang sama-sama produk AutoDesk.Namun biasanya CIVIL 3D memberikan performa yang baik bagi desain 3D yangditerapkan untuk proyek jalan dan bangunan air.

SKETCHUP

Mudah diakses dan digunakan adalah keunggulan yang ditawarkan oleh SketchUp. Tidak hanya lulusan teknik sipil saja, para arsitek pun harus mahir menggunakannya.

3D Max

Softwareyang sebelumnya bernama 3D Studio ini memiliki fungsi menakjubkan dengan membuatanimasi dari desain 3D. Jadi kamu bisa membuat simulasi video bergerak denganaplikasi ini sehingga desainmu akan terlihat lebih hidup.

STAAD.Pro

Kemampuananalisis data yang baik untuk ketahan gedung dan menghindari kerusakaan adalahhal utama yang harus diperhatikan para pekerja kontruksi. Maka untuk itulahsoftware STAAD.Pro dibuat. Software ini akan memudahkan analisis dengan hasilyang akurat.

Sebenarnyagak cuma teknik sipil saja, apa pun profesimu tentunya kemampuanpenguasaan software adalah hal utama yang harus kamu miliki.Ya, karena setiap pemberi kerja pastinya mencari calon pegawai yang gak cumamodal ijazah saja tapi memiliki keterampilan. Selamat berjuang ya, yakin kokkamu bisa menguasai software-software tersebut.

Arcgis

Arcgis desktop merupakan software GIS professional yangkomprehensif dan dikelompokkan atas tiga komponen yaitu : ArcView(komponen yangfocus ke penggunaan data yang komprehensif, pemetaan dan analisis), ArcEditor(lebih fokus ke arah editing data spasial) dan ArcInfo (lebih lengkap dalammenyajikan fungsi-fungsi GIS termasuk untuk keperluan analisis (geoprosesing).

Primavera

Primavera adalah Aplikasi Project Management yang memilikikemampuan memadai serta diakui dan dipergunakan secara luas untuk membantu paraProject Manager,Project Planner ataupun team pendukung project untukpengelolaan dan pengendalian proyek konstruksi.

Ms Project

Microsoft Project adalah produk perangkat lunak manajemenproyek, dikembangkan dan dijual oleh Microsoft. Ini dirancang untuk membantumanajer proyek dalam mengembangkan jadwal, menetapkan sumber daya untuk tugas,melacak kemajuan, mengelola anggaran, dan menganalisis beban kerja.

KURSUS TEKNIK SIPIL JOGJA

ZamilConsulting.com kini membuka kelas untuk pelatihan program profesial bagi para engineer, jenis-jenis pelatihan unggulan yang kami miliki dan tentunya dengan harga yang terjangkau dan profesional, diantaranya :

Anda tertarik mengetahui lebih dalam ? Dan Ingin menguasai ilmu tersebut ?

Segeralah gabung di ZAMILCONSULTING.COM training center terbaik & profesional di jogja, daftarkan diri anda dengan klik layanan pendaftaran online public traning di bawah ini !

Atau anda bisa klik layanan cepat respon kami untuk mendapatkan informasi terbaik, kami tunggu ya !

Call Center

DAFTAR VIA WHATSAPP