Ini Dia Cara Menyusun RAB Rumah dengan Mudah

cara mudah menyusun rab rumah

Sobat engineer pasti sudah tidak asing lagi dengan singkat RAB. RAB adalah singkatan dari Rencana Anggaran Biaya. RAB merupakan sebuah dokumen yang menggambarkan estimasi biaya yang akan diperlukan dalam sebuah proyek.

Di setiap proyek pasti membutuhkan RAB, termasuk pembangunan rumah, jalan raya, jembatan, atau proyek konstruksi lainnya. Hal tersebut dikarenakan RAB memiliki peranan yang penting. 

Peran RAB tersebut  adalah membantu menghindari kekurangan dana atau pengeluaran yang tidak terduga. RAB juga membantu pengusaha dan investor untuk memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan dalam proyek dan mempertimbangkan anggaran yang dimiliki.

Pastinya, RAB memberikan banyak manfaat bagi keberlangsungan proyek. Berikut adalah manfaat RAB.

  • Membantu dalam perencanaan anggaran, memastikan bahwa proyek dilakukan sesuai dengan anggaran yang tersedia
  • Memastikan bahwa proyek dapat diselesaikan dengan tepat waktu karena aktivitas dan biaya telah dipertimbangkan sebelumnya
  • Digunakan sebagai alat pengukur kinerja proyek
  • Membantu dalam memantau kemajuan proyek
  • Memastikan bahwa proyek sejalan dengan jadwal
  • Memastikan bahwa anggaran proyek sejalan dengan anggaran yang telah ditetapkan

Lalu bagaimana cara membuat RAB Rumah? Berikut adalah cara menghitung RAB Rumah dengan mudah.

1. Menentukan desain rumah

Langkah pertama adalah menentukan desain rumah yang akan dibangun. Pastinya desain yang dipilih harus sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

2. Membuat daftar material

Setelah desain dipilih, langkah selanjutnya adalah membuat daftar material yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut.

Daftar tersebut harus meliputi semua bahan bangunan dan perlengkapannya, seperti semen, pasir, batu bata, genteng, pintu, jendela, kabel listrik, pipa air, dll.

3. Menghitung kebutuhan material

Setelah membuat daftar material, langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan material untuk setiap item yang tercantum. Sehingga, perlu informasi tentang harga dan jumlah material yang dibutuhkan melalui toko bahan bangunan atau katalog perusahaan.

4. Menentukan biaya material

Setelah mengetahui kebutuhan material, selanjutnya perlu untuk menentukan biaya material dengan mengalikan antara jumlah material dengan harga satuan. Jangan lupa untuk menambahkan biaya pengiriman dan pajak.

5. Menentukan biaya tenaga kerja

Selain biaya material, perlu juga untuk menentukan biaya tenaga kerja. cara menghitung biaya tenaga kerja adalah dengan cara mengalikan jumlah pekerja dengan jumlah hari kerja dan upah per hari.

6. Menambahkan biaya lain-lain

Selain biaya material dan tenaga kerja, ada biaya lain-lain yang perlu dipertimbangkan, seperti biaya transportasi, biaya administrasi, dan biaya lainnya. Hitunglah biaya ini dan tambahkan ke dalam RAB.

7. Membuat total biaya

Setelah menentukan semua biaya yang dibutuhkan dalam proyek, selanjutnya adalah menjumlahkan semua biaya untuk mendapatkan total biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah.

8. Membuat laporan RAB

Setelah RAB selesai dibuat, maka perlu membuat laporan RAB yang berisi semua informasi terkait biaya dan material yang dibutuhkan. Laporan ini harus dijelaskan secara rinci dan mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam proyek.

Demikian adalah cara menghitung RAB rumah. Bagi sobat engineer yang ingin belajar secara lengkap tentang RAB. Sobat dapat mengikuti pelatihan RAB yang diselenggarakan oleh Zamil Consulting

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, sobat dapat menghubungi Zamil Consulting melalui media sosial, khususnya WhatsApp.

Bagikan Artikel