Ini dia Kelebihan & Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

pondasi cakar ayam

Zamil Consulting – Pondasi cakar ayam asli Indonesia ini telah banyak digunakan dalam pekerjaan bidang konstruksi, bukan hanya di Indonesia saja, rupanya pondasi cakar ayam sudah banyak digunakan diluar negeri juga.

Nah, apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari pondasi asli Nusantara ini? Yuk simak penjelasan berikut ini

Kelebihan pondasi cakar ayam

  • Dapat dibangun diatas tanah yang kurang kokoh

Seperti tujuan utamanya, dari segi teknispondasi cakar ayam ini memang didukung oleh kekuatan yang lebih tinggi dantidak membutuhkan ruang untuk pengembangan akibat pengaruh dari cuaca.

Bahkan, dengan pondasi cakar ayam ini,proyek konstruksi tetap dapat digunakan meski kondisi tanah lembek atau berair.

  • Tidak membutuhkan sistem drainase

Karena seluruh pondasi cakar ayam dibentukdari beton padat yang sangat kuat, tanah bangunan tidak membutuhkan sistemdrainase dan sambungan kembang kusut.

Keunggulan ini membuat pengerjaankonstruksi jauh lebih hemat. Baik dari segi material, biaya, maupun waktupengerjaannya.

  • Menjadikan bangunan lebih kokoh

Salah satu kelebihan dari pondasi cakar ayamini ialah menjadikan bangunan lebih kokoh meskipun dibangun diatas tanah yangkurang kokoh.

Tapi bagaimanapun, pondasi cakar ayam juga memiliki kekurangan, seperti

  • Biaya lebih mahal

Karena pengerjaan pondasi ini cukup rumit,menjadikan pengerjaan pondasi ayam membutuhkan biaya yang lebih besar jikadibandingkan dengan jenis pondasi konvensional lainnya. Pengerjaan membutuhkanperalatan yang canggih bahan-bahan yang cukup banyak juga menjadi salah satu factormahalnya biaya pengerjaan pondasi cakar ayam ini.

  • Hanya cocok untuk bangunan besar

Bukan hanya dari segi bangunannya saja,namun dilihat dari segi biaya dan proses pemasangan, pondasi cakar ayam sangattidak cocok digunakan untuk bangunan kecil

Jika ingin membuat bangunan kecil, lebihbaik menggunakan jenis pondasi yang lain.

  • Pembuatan lumayan rumit

Pondasi cakar ayam yang kuat dan teruji tentusaja memiliki proses pengerjaan yang cukup rumit, sehingga biaya dan lamadurasi pekerjaan yang menjadi taruhannya.