Persamaan Dan Perbedaan Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur

Perbedaan arsitektur dan teknik sipil

Tidak sedikit yang masih bingung membedakan antara teknik sipil dan teknik arsitektur. Padahal keduanya adalah suatu cabang ilmu yang berbeda. Dalam pembangunan suatu daerah atau negara teknik sipil dan teknik arsitektur memiliki peranan yang sangat penting dan saling berkaitan seperti pembangunan fasilitas public.

Karena sama-sama mempelajari tentang infrastruktur tidak jarang dari masyarakat yang menganggapnya sama. Padahal antara Teknik Sipil dengan Teknik Arsitektur memiliki persamaan dan perbedaan.

Oleh karena itu jika Anda ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi atau Anda orang tua yang mempunyai anak yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi dan memilih antara teknik sipil dan teknik arsitektur penting untuk mengetahui lebih dalam antara keduanya. SimakĀ persamaan dan perbedaan teknik sipil dan arsitektur berikut ini.

Persamaan

  1. Keduanya mengenai gambar teknik dan bagian-bagian bangunan. Seorang teknik sipil maupun teknik arsitektur dituntut mampu memahami gambar teknik.
  2. Antara teknik sipil dan teknik arsitektur terdapat mata kuliah yang sama meskipun dengan porsi yang berbeda.
  3. Teknik sipil dan teknik arsitektur sama-sama mempelajari ilmu mengenai infrastruktur, proyek, dan sebagainya.

Perbedaan

  1. Teknik Sipil cakupannya begitu komplek dan banyak hal yang tidak dipelajari dalam dunia arsitektur seperti transportasi, manajemen proyek dan masih banyak contoh yang lainnya dimana hal tersebut tidak dipelajari di arsitektur.
  2. Teknik sipil hampir semuanya matematis dimana seorang engineer teknik sipil dituntut mampu membangun sebuah struktur bangunan yang kuat, ekonomis, dan juga efisien. Ruang lingkup Teknik Sipil juga melakukan manajemen proyek dimana tugasnya mengawasi aktivitas dan kinerja keseluruhan dari orang-orang yang terlibat dalam proses proyek pembangunan.
  3. Teknik Arsitektur lebih menitik beratkan pada segi keindahan desain. Teknik Arsitektur dituntut untuk dapat membuat suatu bangunan terlihat indah dipandang oleh mata.
  4. Kuliah di Teknik Sipil lebih fokus mempelajari secara mendalam mengenai struktur, bagaimana kekuatan suatu bangunan, dan lain sebagainya. Sedangkan Teknik Arsitektur mempelajari bangunan sebagai suatu karya seni yang indah. Oleh karea itu dalam dunia kerja perlu kerjasama antara keduanya untuk mendapatkan bangunan yang indah serta kokoh.

Agus Budi Prasetyo, S.T.