Contoh Alat yang Digunakan Pekerja Teknik Sipil

ZamilConsulting.com – Alat yang digunakan oleh pekerja teknik sipil sangat banyak dan beragam, masing-masing juga memiliki fungsi yang berbeda. Sebagai pekerja teknik sipil, tentu Anda harus paham dan mengetahui apa saja alat yang digunakan agar pekerjaan semakin mudah.

Berikut contoh alat-alat yang akan kita jumpai di lapangan pada saat melaksanakan pekerjaan teknik sipil. Sebelum terjun ke lapangan sebaiknya Anda memahami fungsi masing-masing alat supaya tidak salah menggunakannya.

  • Ekscavator 

Ekscavator adalah suatu alat berat yang berupa mesin pengeruk dan terdiri dari batang, keranjang, tongkat, dan rumah-rumah atau tempat kemudi dalam sebuah wahanan putar dan digunakan untuk penggalian atau ekskavasi. Rumah-rumah atau tempat kemudi diletakkan di atas kereta bawah yang dilengkapi roda berupa rantai.

  • Backhoe

Backhoe adalah alat berat yang berfungsi untuk melakukan penggalian material keras serta pekerjaan penggalian di bawah permukaan. Fungsi Backhoe dapat menggali dengan kedalaman yang lebih teliti jika dibandingkan dengan dragline dan clamshell, backhoe juga bias digunakan sebagai alat pemuat.

  • Scaffolding 

Scaffolding adalah suatu peralatan kerja (work platform) yang dibuat sementara dan digunakan untuk menyangga material atau pekerja dalam konstruksi. Umumnya perancah berbentuk modular dari logam atau pipa, meskipun bias juga menggunakan bahan yang lainnya.

  • Concrete Mixer

Concrete mixer atau yang biasa disebut molen adalah suatu alat berat pengaduk mekanis yang digunakan untuk mengaduk campuran cor. Suatu hal yang perlu diperhatikan dalam pengadukan adalah hasil dari pengadukan dengan memperhatikan warna dan susunan yang sama.

  • Concrete Pump

Concrete Pump atau bias juga disebut pompa beton adalah suatu alat berat yang digunakan untuk memompa beton yang siap pakai ke tempat yang sulit dijangkau dengan mengunakan kereta sorong. Concrete pump adalah alat pemompa beton dari molen ke tempat yang akan dicor. Biasanya pompa beton atau concrete pump digunakan untuk pengecoran lantai atas serta jumlahnya banyak.

  • Dump Truck

Dumpa Truck adalah suatu truck jungkit yang dilengkapi dengan bak terbuka yang dioperasikan dengan bantuan hidrolik, dimana bagian depan dari bak tersebut bias diangkat ke atas sehingga material yang diangkut oleh truck tersebut dapat turun ke tempat tempat yang diinginkan.

  • Kereta Sorong

Kereta sorong adalah suatu alat yang digunakan untuk mengangkut material bangunan yang efisien. Kereta sorong digunakan untuk mengakut material bangunan yang berada di lokasi rendah dan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. 

Sekian penjelasan mengenai alat-alat yang digunakan oleh pekerja teknik sipil. Jika artikel ini membantu Anda bisa membagikannya kepada teman-teman yang lain.

Share and Enjoy !

Shares