FUNGSI DAN FITUR AUTOCAD YANG WAJIB ANDA KETAHUI

ZamilConsulting.comAutoCAD adalah aplikasi berbasis CAD yang digunakan untuk mendesain objek dua dimensi atau tiga dimensi. CAD sendiri merupakan singkatan dari Computer Aided Drafting and Design yang berfungsi sama dengan namanya.

Mengapa harus AutoCAD? Dengan menggunakan AutoCAD Anda bisa menggambar sebuah objek sesuai dengan keinginan. Hasil gambar menggunaka aplikasi tersebut juga tidak sembarangan, karena kualitasnya terbukti sangat baik bahkan memiliki kemiripan yang sangat tinggi dengan gambar aslinya.

Simak beberapa fungsi lain dari AutoCAD yang wajib Anda ketahui:

  • Digunakan untuk mendesain rancangan pesawat terbang
  • AutoCAD digunakan untuk mendesain rancangan jembatan
  • Digunakan untuk menggambar atau mendesain rancangan rumah
  • Digunakan sebagai salah satu aplikasi perancang model mobil
  • Bahkan aplikasi tersebut bisa digunakan untuk membuat sebuah rancangan mur, paku, pali, mesin, dan berbagai keperluan lainnya

Lalu apa saja fitur dari aplikasi AutoCAD?

  1. Tools 2D dan 3D Drafting

Sebagaimana penjelasan di awal bahwa fungsi dari AutoCAD adalah untuk menggambar sebuah objek dua atau tiga dimensi. Untuk itu Aplikasi ini menyediakan fitur 2D dan 3D Drafting.

Beberapa perintah yang ada di dalam fitur tersebut ialah: circle, line, polygon, chamfer, trim, fillet, loft, presspull, dan berbagai fitur lainnya yang masih dikelompokkan berdasarkan kategori masing-masing.

  1. Opsi Rendering

Fitur kedua yang ditawarkan oleh AutoCAD adalah tida opsi rendering. Di sini Anda akan diarahkan saat melakukan proses rendering.

Proses yang dijalankan pun tidak sulit. Namun ingat, untuk bisa menentukan seberapa cepat proses rendering yang dijalankan, pastikan spesifikasi computer atau laptop Anda sudah memadai.

  1. Konversi PDF ke Dwg

AutoCAD juga menawarkan fitur yang bisa digunakan untuk mengubah atau mengkonversi draf yang memiliki format pdf ke dwg.

Hal ini ditujukan ketika para drafter memperoleh gambar yang berformat pdf. Jadi, jika dibandingkan dengan harus menggambar ulang, Anda bisa langsung mengkonversi gambar tersebut ke format dwg. Proses perubahannya pun tidak membutuhkan waktu lama dan caranya mudah sekali.

Selain fungsi dan fitur di atas, menguasai AutoCAD sangat penting untuk Anda berkarir dalam dunia Engineering. Yuk gabung bersama Engineer lainnya dan belajar langsung di Zamil Consulting.

Share and Enjoy !

Shares