Ini dia 9 Komponen Struktur Bangunan

komponen struktur bangunan

Sobat engineer pasti sudah tidak asing dengan ‘bangunan’. Terdapat berbagai macam jenis bangunan, mulai dari rumah hingga gedung. Bangunan memiliki bermacam-macam bagian, salah satunya adalah struktur bangunan.

Penting bagi sobat engineer untuk mengenal tentang struktur bangunan agar proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kesalahan. Struktur bangunan adalah bagian dari bangunan yang membentuk bangunan tersebut.

Struktur bangunan berfungsi sebagai pendukung elemen-elemen konstruksi  yang lain, seperti interior, arsitektur bangunan, dan lain sebagainya. Terdapat bermacam-macam komponen struktur bangunan.

Ini dia uraian 9 komponen struktur bangunan.

Kolom

Komponen struktur bangunan yang pertama adalah kolom. Kolom adalah batang tekan vertikal yang memikul beban seluruh bangunan. Maka tidak heran apabila kolom menjadi komponen yang penting pada struktur bangunan. Penting bagi sobat engineer untuk membuat kolom sesuai dengan standar agar bangunan yang dibangun tidak runtuh.

 

Balok

Komponen struktur bangunan yang kedua adalah Balok. Berbeda dengan kolom, balok adalah rangka penguat horizontal. Fungsi dari komponen ini adalah mengikat kolom dan dudukan untuk lantai atas dan atap.

Rangka Batang

Komponen struktur bangunan yang ketiga adalah rangka batang. Rangka batang adalah kerangka yang dibuat menggunakan rangkaian besi dengan bentuk segitiga. Rangka batang kerap ditemukan di rumah pada bagian atap.

Rangka Bangunan

Komponen struktur bangunan yang keempat adalah rangka bangunan. Pada struktur bangunan komponen ini adalah struktur pendukung utama pada suatu bangunan. Terdapat berbagai rangka bagunan, yaitu kolom, balok, dan sloof.

Fondasi

Komponen struktur bangunan yang kelima adalah fondasi. Pada struktur banguna  fondasi adalah komponen yang penting, komponen ini berhubungan langsung dengan tanah, monapang kerangan bangunan, dan menopang bagian lain dari bangunan. Maka, perlu untuk membuat fondasi yang sesuai dengan standar.

Sloof

Komponen struktur bangunan yang keenam adalah sloof. Sloof adalah struktur bangunan yang berperan sebagai penguat lantai pertama dengan pondasi. Selayaknya kolom dan balok, sloof yang dibuat haruslah kuat.

Dinding

Komponen struktur bangunan yang ketujuh adalah dinding. Fungsi dari dinding adalah membatasi dan melindungi area juga menambah kekuatan bangunan. Dengan hadirnya dinding, bangunan bisa dibagi menjadi beberapa ruangan.

Terowongan

Komponen struktur bangunan kedelapan adalah terowongan. Terowongan dalam suatu rumah dapat berupa basement atau bangunan bawah tanah. Struktur bangunan tersebut adalah jawaban dari keterbatasan lahan.

Atap

Komponen struktur bangunan yang terakhir adalah atap. Komponen ini adalah elemen utama dalam struktur bangunan yang menjadi penutup suatu bangunan. Fungsi atap adalah sebagai pelindung dari panas matahari, hujan, atau kondisi lain.

Demikian ulasan tentang 9 komponen struktur bangunan. Untuk memastikan keamanan suatu bangunan yang dibangung perlu dilakukan perhitungan struktur dari bangunan tersebut.

Software SAP2000 dapat digunakan untuk membantu melakukan analisis struktur. Bagi sobat engineer yang ingin belajar software SAP2000 dapat mengikuti pelatihan offline SAP2000 yang diselenggarakan oleh Zamil Consulting. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi media sosial Zamil Consulting.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page
Kirimkan Pesan
1
Hubungi Kami
Zamil Consulting
Hi! Silakan tinggalkan pesan Anda untuk lebih banyak infromasi.