Ini Peluang Karier Terbaik Buat Kamu Yang Suka Desain !

Kamu Lulusan Teknik Sipil dan Tertarik dengan Desain? Ini Peluang Karier Terbaik Buat Kamu!

zamilconsulting.com – Menjadi Sarjana Teknik Sipil mememerlukan usaha dan perjuangan yang tidak sedikit. Bahkan seringkali, kita harus berdarah-darah untuk bisa survive menghadapi tugas-tugas perkuliahan yang ada. Namun, di balik semua perjuangan dan tempaan yang telah dilewati oleh seorang Sarjana Teknik Sipil, di luar sana banyak peluang pakerjaan/karier yang menunggu para insinyur ini. Nah, berhubung Teknk Sipil merupakan bidang yang sangat luas, maka di sini kami akan memberikan beberapa opsi terbaik untuk memulai karier di dunia Teknik Sipil.

Pertama, jika Anda tertarik dengan desain, maka beberapa opsi berikut bisa dijadikan pilihan sebagai karier Anda.

  • Rekayasa Struktural (terkait dengan desain bangunan, seperti industri dan perumahan).

Rekayasa Sturktur adalah bidang keahlian yang berhubungan dengan analisis dan desain suatu struktur. Struktur adalah rangkaian dari dua atau lebih elemen-elemen dasar seperti balok, pelat, kolom, batang tarik atau tekan, rangka batang, portal, cangkang dan lain-lain. Dengan kata lain, seorang ahli struktur menentukan konfigurasi dari berbagai elemen-elemen pembentuk struktur dan mendesain (penentuan ukuran, bentuk dan jenis bahan) elemen-elemen tersebut sehingga memenuhi tingkat kekuatan dan juga kenyamanan, tanpa mengesampingkan tinjauan ekonomi. Desain yang dihasilkan harus memenuhi kondisi-kondisi batas keruntuhan dan juga penggunaan/ pemakaian. Secara umum, lingkup kerja seorang ahli struktur (structural engineer) mencakup perhitungan reaksi-reaksi perletakan, gaya-gaya dalam pada elemen-elemen struktur, dan perhitungan lendutan dan deformasi, Perbaikan, peningkatan dan pemeliharaan suatu struktur juga merupakan bagian pekerjaan dari ahli struktur. Struktur-struktur yang umum dianalisis dan didesain antara lain gedung pencakar langit, jembatan, stadion, auditorium dan bendungan. 

  • Rekayasa Transportasi (terkait dengan desain tangki air, pipa limbah, sistem transit jalan, bendungan, kanal).

Rekayasa transportasi adalah merupakan suatu bidang keahlian yang mengaplikasikan pendekatan saintifik didalam merencanakan, mendesain, mengoperasikan, dan mengatur sistem transportasi seperti jalan-jalan, jalur/rel kereta, transportasi air (laut/sungai) dan udara. Bidang ini meliputi perencanaan, desain, pelaksanaan konstruksi dan perawatan fasilitas/infrastruktur transportasi. Jenis pekerjaan yang umum adalah desain landasan/perkerasan lapangan terbang, perkerasan jalan dan rel kereta. Perawatan dan peningkatan pelabuhan laut, udara, dan sistem perkereta-apian untuk menunjang perkembangan yang ada juga merupakan lingkup pekerjaan ahli transportasi.

  • Rekayasa konstruksi (terkait dengan desain tangki air, pipa limbah, sistem transit jalan, bendungan, kanal)

yaitu disiplin profesional yang menangani perancangan, perencanaan, konstruksi, dan manajemen infrastruktur seperti jalan bebas hambatan, jembatan, bandar udara, rel, bangunan, bendungan, dan sarana lainnya. Insinyur konstruksi bersifat unik karena merupakan gabungan antara insinyur sipil dan manajer konstruksi. Insinyur konstruksi mempelajari aspek perancangan sebagaimana insinyur sipil dan fungsi manajemen situs konstruksi sebagaimana manajer konstruksi.

  • Teknik Kelautan (terkait dengan desain dermaga, pelabuhan dan struktur lain di dalam laut untuk industri minyak)

di mana Insinyur kelautan merupakan profesi yang berkompetensi dalam prinsip-prinsip energi, perairan, kelautan, pesisir dan lepas pantai, serta pelabuhan. Mereka tidak hanya berkutat dengan lingkungan fisik namun juga berperan dalam pengembangan teknologi yang terkait dengan infrastruktur dan rekayasa kelautan. Profesi ini sangat dibutuhkan di Indonesia mengingat negara ini adalah negara kepulauan dengan luas lautan yang sangat besar. Banyaknya sumber daya alam di bawah perairan perlu dimaksimalkan, sedangkan besarnya efek dari potensi bencana alam di kelautan Indonesia perlu diminimalisir. Inilah sebagian masalah yang perlu dicari solusinya oleh profesi insinyur kelautan.

  • Rekayasa Geo Teknik (merancang dinding penahan, dinding diafragma untuk memperhankan tanah).

Geologi rekayasa atau geologi teknik adalah penerapan ilmu geologi dalam praktik rekayasa untuk tujuan menjamin faktor-faktor geologi yang memengaruhi lokasi, disain, konstruksi, operasi dan perawatan pekerjaan rekayasa telah dikenali dan diperhitungkan dengan matang.