Kenal Dekat dengan Pemecah Gelombang, dari Definisi hingga Tipenya

pemecah gelombang

Sobat engineer pasti tidak asing dengan pemecah gelombang. Bangunan pelindung yang mampu mengurangi energi pada gelombang air laut, sehingga abrasi yang mungkin ditimbulkan oleh gelombang air laut dapat dikendalikan.

Pemecah gelombang sering ditemukan di daerah perairan, misalnya pelabuhan. Bangunan yang dikenal juga sebagai breakwater tersebut merupakan bangunan pelindung daerah perairan laut dari gangguan laut, sehingga bangunan ini menjadi pemisah antara daerah perairan dengan laut lepas.

Fungsi pemecah gelombang adalah mengendalikan abrasi yang menggerus garis pantai, menenangkan gelombang di Pelabuhan, dan lain sebagainya. Pemecah gelombang dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Berdasarkan letaknya pemecah gelombangan dibagi menjadi dua jenis. Sementara berdasarkan model penampang melintangnya, pemecah gelombang dibedakan menjadi tiga jenis.

A. Tipe pemecah gelombang berdasarkan penampang melintangnya

  • Pemecah Gelombang Sisi Miring

Pemecah gelombang sisi miring dibuat menggunakan tumpukan batu alam yang dilindungi oleh lapisan batu besar atau beton yang memiliki ukuran tertentu. Pemecah gelombang tipe ini memiliki sifat fleksibel.

  • Pemecah Gelombang Sisi Tegak

Pemecah gelombang tipe ini biasanya ditemukan di laut dengan kedalaman lebih besar dari tinggi gelombang. Pemecah gelombang sisi tegak dibuat ketika tanah dasar memiliki daya dukung besar dan tahan terhadap erosi.

  • Pemecah Gelombang Campuran

Pemecah gelombang campuran digunakan ketika pemecah gelombang sisi tegak sudah tidak bisa lagi digunakan. Artinya, laut memiliki kedalaman yang sangat besar dan tanah dasar sudah tidak mampu menahan beban.

B. Tipe pemecah gelombang berdasarkan letaknya

  • Pemecah Gelombang Sambung Pantai

Pemecah gelombang sambung pantai banyak ditemukan di pelabuhan, mengingat pemecah gelombang jenis ini digunakan untuk melindungi perairan pelabuhan. Ketika akan pembangunan pemecah gelombang tipe ini perlu untuk meninjau terlebih dahulu karakteristik gelombang di sekitar lokasi pembangunan.

  • Pemecah Gelombang Lepas Pantai

Pemecah gelombang lepas pantai merupakan pemecah gelombang yang dibangun sejajar pantai dengan jarak tertentu dari garis pantai. Tujuan dibangunnya pemecah gelombang tersebut adalah melindungi daerah pantai yang terletak di belakangnya dari serangan gelombang.

Demikian uraian tentang pemecah gelombang, semoga informasi tersebut memberikan manfaat bagi sobat engineer!

Ultimate Your Skill With Zamil Consulting!

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page
Kirimkan Pesan
1
Hubungi Kami
Zamil Consulting
Hi! Silakan tinggalkan pesan Anda untuk lebih banyak infromasi.