Pentingnya Mengenal Struktur Tanah sebelum Memulai Konstruksi

Pentingnya Mengenal Struktur Tanah sebelum Memulai Konstruksi

Kenal dengan ‘Struktur Tanah’ yang Penting Diketahui Sebelum Memulai Konstruksi

struktur tanah

Sebelum memulai sebuah konstruksi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah struktur tanah. Mengingat, setiap tanah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 

Perbedaan tersebut mengakibatkan tanah memiliki manfaat yang berbeda-beda pula.Menimbang karakteristik tanah yang berbeda-beda, oleh karenanya penting untuk memilih tanah sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan. Sehingga dihasilkan konstruksi yang terbaik.

Struktur tanah sendiri adalah susunan komposisi partikel tanah mulai dari permukaan hingga lapisan paling bawah. Partikel tersebut dapat berupa pasir, debu, batuan, kerikil, batuan padat, hingga tanah liat.

Pada setiap kedalaman, tanah memiliki bentuk, sifat, dan ukuran yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan setiap tingkatan tanah memiliki susunan partikel yang berbeda.Tidak hanya itu, campuran karbon, silika, hingga oksida juga mempengaruhi struktur tanah. Selain itu, Curah hujan juga turut berpengaruh terhadap struktur tanah

Terdapat berbagai macam struktur tanah, macam-macam struktur tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.

Struktur tanah granular (Butiran)

Struktur tanah jenis ini memiliki bentuk membulat, banyak sisi, dan gumpalannya tidak pori. Tanah yang memiliki struktur ini cenderung tidak kering.

Struktur tanah remah (Crumb)

Struktur tanah jenis ini berkebalikan dengan tanah dengan struktur granular. Struktur tanah remah cenderung lebih kering dan memiliki gumpalan yang berpori. Struktur tanah ini sering dijumpai di daerah dengan curah hujan rendah.

Struktur tanah gumpal membulat dan bersudut

Struktur tanah ini memiliki gumpalan tanah membulat yang dapat dilihat secara fisik. Walaupun menggumpal, tanah dengan struktur ini memiliki rusuk yang bersegi tajam.

Struktur tanah lempeng (Platy)

Struktur tanah jenis ini  memiliki sumbu horizontal yang lebih panjang ketimbang vertikalnya. Walaupun sumbu horizontalnya lebih panjang, struktur tanah ini tampak seperti lempengan tanah.

Struktur tanah tiang (Columnar)

Struktur tanah jenis ini memiliki karakteristik yang berkebalikan dengan struktur tanah lempeng. Struktur tanah tiang memiliki sumbu horizontal yang lebih panjang ketimbang sumbu vertikalnya dan ketika diamati tampak sedikit membulat.\

Struktur tanah prismatik (Prismatic)

Jenis struktur tanah yang terakhir yaitu tanah prismatik.Tanah ini merupakan tanah lempung yang memiliki sumbu horizontal lebih pendek dari pada sumbu vertikalnya.Namun,tidak berbentuk membulat  apabila dilihat dari atas.

Demikianlah macam-macam struktur tanah yang perlu sobat engineer ketahui sebelum melakukan konstruksi. Bagi sobat engineer yang ingin belajar analisis tanah, sobat dapat bergabung dalam pelatihan intensif Plaxis 2D yang diselenggarakan oleh Zamil Consulting.

Apabila sobat engineer ingin pendaftaran informasi lebih lanjut, sobat dapat menghubungi media sosial Zamil Consulting, khususnya WhatsApp agar mendapatkan respon yang lebih cepat.

Ultimate Your Plaxis 2D Skill With Zamil Consulting!

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page
Kirimkan Pesan
1
Hubungi Kami
Zamil Consulting
Hi! Silakan tinggalkan pesan Anda untuk lebih banyak infromasi.