Uji Sondir: Definisi, Urgensi, Tujuan, hingga Manfaatnya!

Uji Sondir: Definisi, Urgensi, Tujuan, hingga Manfaatnya!

Uji Sondir: Definisi, Urgensi, Tujuan, hingga Manfaatnya!

tentang sondir

Sobat Engineer yang bergelut di bidang civil engineering pasti sudah tidak asing dengan Uji Sondir. Mengingat Uji Sondir memiliki kaitan yang erat dengan pendirian suatu bangunan.

Uji sondir sendiri didefinisikan sebagai salah satu tindakan pengujian penetrasi dengan tujuan untuk mengetahui daya dukung setiap lapisan tanah, sehingga dapat diketahui kedalaman lapisan pendukung (lapisan tanah keras).

Tujuan dilaksanakan uji sondir adalah mengetahui kedalaman lapisan tanah keras dan sifat daya dukung juga daya lekat tanah pada setiap kedalaman. Tidak hanya itu, uji sondir juga bertujuan untuk mengetahui perlawanan geser tanah dan penetrasi konus.

Lewat uji sondir, sobat dapat mengetahui desain jenis pondasi yang cocok, aman, dan efektif untuk digunakan sebagai penyokong kolom bangunan yang dibangunan. Pondasi tersebut akan memiliki faktor keamanan yang tinggi, sehingga bangunan yang didirikan akan tetap kuat dan tidak mengalami penurunan yang dapat membahayakan penghuninya.

Uji sondir penting untuk dilakukan, bahkan untuk izin pembangunan bangunan dengan tinggi 3 lantai terdapat persyaratan untuk melakukan uji sondir agar dapat memenuhi syarat teknis bangunan. Uji tersebut penting dilakukan, mengingat jika uji tersebut tidak dilaksanakan kemungkinan dapat terjadi kegagalan struktur.

Dalam uji sondir tidak diperlukan banyak alat. Alat-alat yang diperlukan dalam uji sondir adalah:

  • Mesin sondir
  • Pipa sondir lengkap dengan batang dalam sesuai kebutuhan, masing-masing panjangnya 1 meter
  • Alat ukur tekanan 2 buah dengan spesifikasi  0  – 60 kg/cm2 dan 0 – 250 kg/cm2
  • Bikonis
  • 4 jangkar dengan bentuk spirar dan alat pemutar
  • Kunci-kunci pipa, alat pembersih, dan minyak hidrolik

Dengan dilakukan uji sondir akan didapatkan banyak data karakteristik tanah, data-data tersebut adalah profil tanah, kepadatan relatif, kekakuan tanah, kekuatan geser, permeabilitas tanah atau koefisien konsolidasi, kuat geser selimut tidang, dan kapasitas dukung tanah. Data tersebut pastinya bermanfaat dalam proses pembangunan yang akan dilakukan.

Tidak hanya mendapatkan data karakteristik tanah, banyak manfaat lain yang diberikan oleh uji sondir. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Mampu dengan cepat menentukan lapisan tanah keras
  • Mampu memperkirakan perbedaan setiap lapisan tanah
  • Dapat diketahui daya tudung tanah melalui rumus empiris, dan
  • Cocok digunakan untuk menentukan letak muka air tanah

Mengingat manfaat yang diberikan oleh uji sondir, maka penting bagi sobat engineer untuk melakukan uji sondir terlebih dahulu sebelum melakukan pembangunan. 

Bagi sobat engineer yang ingin melakukan uji sondir, sobat dapat menghubungi zamil engineering melalui sosial media yang dimilikinya khususnya WhatsApp agar mendapatkan respon yang lebih cepat.

Ultimate Your Building Quality With Zamil Engineering!

Share and Enjoy !

Shares
You cannot copy content of this page