WAJIB TAHU, APLIKASI POPULER TEKNIK SIPIL

Sebagai seorang engineer, khususnya engineer teknik sipil atau civil engineer, tentunya kita tidak bisa lepas dari penggunaan Aplikasi-aplikasi yang sangat penting dan sangat membantu kita dalam bidang pekerjaan teknik sipil ini. Software tersebut memiliki kegunaan dan fungsinya masing-masing. Ada software yang dapat digunakan untuk melakukan penggambaran, untuk melakukan analisis struktur, dan ada pula yang dapat digunakan untuk manajemen atau pengaturan. Lengkap sekali bukan? Tentunya dengan adanya software-software ini sangat membantu pekerjaan seorang teknik sipil. Apa saja aplikasi tersebut? Disini akan kita bahas 5 aplikasi dulu, ya !

Tak hanya 5 aplikasi ini, tetapi masih ada beberapa aplikasi lainnya yang sangat membantu pekerjaan seorang teknik sipil.

1. SAP2000

SAP2000

Apasih fungsi software SAP2000? Wah, ternyata software SAP2000 ini digunakan untukmelakukan analisa kelayakan sebuah konstruksi, khususnya adalah untuk gedung – gedungbertingkat. Keren, ya!

Nah,dalam penggunaannya, software SAP2000 sebenarnya hampir sama atau mirip dengansoftware lainnya, yaitu ETABS. Nah, kalau ETABS ini digunakan untuk mencarigaya dan momen yang terjadi pada struktur yang telah direncanakan.

Terus,siapa sih yang biasanya menggunakan aplikasi ini?

Wah,ternyata yang biasanya menggunakan aplikasi ini yaitu mereka para teknik sipilyang konsentrasinya adalah di bidang struktur. Keren sekali, bukan?

2.   PLAXIS

Nah,kalau Plaxis ini, adalah aplikasi yang digunakan oleh para teknik sipil yangfokusnya di bidang geoteknik.  Wah,lengkap sekali ya, orang teknik sipil ini. Ternyata mereka juga merambah kedunia geoteknik, Keren ! Makanya nggak heran kalau orang sipil ada juga yang kerjadi perusahaan tambang.

Nah,bagi kalian yang ingin kerja di dunia geoteknik, bisa sekali mempelajari danmenggunakan software ini 

Plaxissangat cocok untuk kalian yang tertarik dalam dunia ke geoteknik-an nih. DenganPlaxis, kamu bisa mendapatkan info mengenai informasi perihal stabilitas lerenglokasi proyek untuk melakukan pencegahan longsor serta berbagai reruntuhan yangtidak dikehendaki.

Keren deh, pokoknya !

3. MICROSOFT PROJECT

Microsoft project

Nah, kalau Microsoft Project ini adalah software yang cocok untuk kalian yang tertarik di bidang manajemen.  Sebenarnya dasar dari MS Project adalah Microsoft Excel, jadi kalau kalian udah bisa menggunakan MS EXCEL, ditambah lagi skillnya untuk bisa menggunakan software ini. Pasti bakalan lebih gampang buat dapetin kerja, karena banyak juga perusahaan yang cari orang yang bisa MS Project, guys !

4. AUTOCAD

Autocad

Kalau AutoCAD ini,  adalah sofware yang sangat umum digunakan untuk menggambar atau mendesain suatu struktur. Software ini sangat memudahkan kita dalam menggambar 2D atau 3D, dan juga software ini sangat populer untuk digunakan dalam menggambar segala jenis konstruksi. Jadi, biasanya, orang-orang teknik sipil menggunakan aplikasi ini untuk menggambar. Harus bisa dong, pastinya !

5. HEC-RAS

hec-ras

KalauHEC-RAS itu aplikasi untuk apa sih? Ternyata, HEC-RAS adalah aplikasi untukmereka yang tertarik atau memiliki konsentrasi di bidang BANGUNAN AIR. Pastimereka sangat tidak asing dengan aplikasi HEC RAS. Nah, kepanjangan aplikasiHEC-RAS yaitu Hydrologic Center’s River Analysis System. HEC-RAS adalahsoftware untuk melakukan pemodelan aliran di sungai dan digunakan untukanalisis bangunan air seperti bendungan dam waduk. Siap sih yang membuataplikasi ini? Ternyata, aplikasi ini dibuat oleh U.S. Army Corps of Engineers(USACE). Keren banget, kan?

Nah,begitu penjelasan 5 software populer Teknik Sipil yang perlu kalian tahu, paraEngineers. Apakah kalian ingin belajar aplikasi tersebut?

ZamilConsulting solusinya !

Yuuk,Segera daftar & dapatkan promo serta ilmu di Zamil Consulting ServiceLearning Center.

Kamitunggu ya J
📌 Info & Pendaftaran :
📍Pendaftaran online
http://bit.ly/PendaftaranPublicTraining
📞 Info layanan
http://wa.me/6287736847000
📌 Ikuti informasi kami :
IG : @zamilconsulting & @zamil_consulting
FB : Tim Zamil
Fanspage : Zamil Consulting
Email : info@zamilconsulting.com
Website : http://www.zamilconsulting.com