Kenapa Warna Helm Proyek Beda-Beda? Ini Dia Artinya!

Warna Helm Proyek

Sobat engineer pasti sering menjumpai atau mendengar ‘’helm proyek’. Ternyata, helm proyek berbeda dari helm biasanya. Di Samping bahannya yang berbeda, terdapat banyak pilihan warna, mulai dari putih hingga kuning. Namun, tahukah kamu arti warna helm proyek?

Terdapat banyak variasi warna helm proyek, variasi tersebut adalah putih, biru, hijau, merah, kuning terang, dan jingga. Setiap warna arti makna yang berbeda, berikut adalah arti warna helm proyek di Indonesia.

Warna Putih

Helm proyek warna putih

Warna helm proyek yang pertama adalah putih. Helm proyek warna putih digunakan oleh pekerja dengan jabatan tinggi. Misalnya, insinyur, manajer, mandor, dan lain sebagainya. Biasanya, pekerja dengan helm proyek warna putih memiliki pengetahuan dan tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan pekerja lain.

Warna biru

Warna helm proyek yang kedua adalah biru. Helm proyek warna biru digunakan oleh pekerja lapangan. Biasanya pekerja yang menggunakan helm proyek warna biru memiliki jabatan sebagai supervisor lapangan, operator teknis, atau pengawas sementara.

Warna hijau

Warna helm proyek yang ketiga adalah hijau. Helm proyek warna hijau digunakan oleh pekerja dengan tugas yang berhubungan dengan lingkungan. Penggunaan helm ini untuk meningkatkan keamanan ketika berada dalam lingkungan proyek. Biasanya pekerja yang menggunakan helm proyek warna hijau adalah pengawas lingkungan atau peneliti lingkungan.

Warna merah

Warna helm proyek yang keempat adalah merah. Helm proyek warna merah biasanya digunakan oleh pekerja yang memiliki jabatan sebagai pengawas sistem keamanan di kawasan proyek.

Warna Kuning Terang

helm proyek warna kuning

Warna helm proyek yang kelima adalah kuning terang. Helm proyek warna kuning terang digunakan oleh pekerja umum di lapangan atau sub-kontraktor. Tidak hanya menggunakan helm, namun pekerja dengan helm warna kuning terang juga harus menggunakan rompi berwarna kuning terang saat menjalankan tugasnya di lapangan.

Warna jingga

Warna helm proyek yang terakhir adalah jingga. Helm proyek warna jingga biasanya digunakan oleh tamu yang ingin masuk ke kawasan proyek guna meninjau keberlangsungan proyek tersebut.

Demikian ulasan arti warna helm proyek. Jangan lupa untuk gunakan helm proyek ketika berada di kawasan proyek agar sobat tetap selamat ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pastinya, sobat juga wajib menggunakan warna helm proyek yang sesuai dengan tugas sobat di proyek tersebut.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page
Kirimkan Pesan
1
Hubungi Kami
Zamil Consulting
Hi! Silakan tinggalkan pesan Anda untuk lebih banyak infromasi.