Ingin Jadi Konsultan? Kenali Dulu Skill, Tugas, dan Jenis-jenis Konsultan!

Ingin Jadi Konsultan? Kenali Dulu Skill, Tugas, dan Jenis-jenis Konsultan!

jenis konsultan

Salah satu prospek kerja Teknik Sipil adalah menjadi seorang konsultan. Konsultan merupakan profesi yang menawarkan jasa pertimbangan, nasihat, penjelasan, ataupun keterangan bagi klien sesuai dengan bidang keahliannya. Pastinya sebelum terjun menjadi seorang konsultan, penting untuk mengetahui skill, tugas, dan jenis-jenis konsultan terlebih dahulu.

Ketika memutuskan untuk menjadi seorang konsultan, sobat engineer dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan informasi, memiliki kemampuan dan ketrampilan yang sesuai dengan perkembangan Zaman. Tidak hanya memberikan nasihat atau pertimbangan, biasanya konsultan juga menyediakan produk untuk klien yang sesuai dengan bidangnya.

Skill yang dibutuhkan oleh konsultan tidak hanya satu, namun ada beberapa skill yang harus dikuasai. Berikut adalah skill yang harus dimiliki seorang konsultan.

  1. Skill sesuai dengan industri yang digelutinya
  2. Mahir dalam berkomunikasi
  3. Memiliki kemampuan analisis
  4. Memiliki kemampuan problem solving

Tugas seorang konsultan sesuai dengan bidang yang digelutinya. Namun, secara umum tugas konsultan adalah sebagai berikut.

  • Memberikan pendapat atau pertimbangan yang dapat dipercaya
  • Melakukan dan memberikan analisis
  • Menawarkan rekomendasi solusi dari masalah yang dihadapi klien

Pastinya, tugas tersebut masih dalam batas bidang keahlian seorang konsultan. 

Setiap konsultan bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing. Misalnya keuangan, bisnis, hukum, konstruksi bangunan, dan lain sebagainya. Berikut adalah jenis konsultan.

Konsultan keuangan

Jenis konsultan yang pertama adalah konsultan keuangan. Jenis konsultan ini sangat cocok bagi sobat yang tertarik mengatur keuangan pribadi. Tugas dari konsultan keuangan adalah menilai kondisi keuangan klien dan merumuskan rencana strategis untuk mencapai tujuan keuangan klien.

Konsultan bisnis

Jenis konsultan yang kedua adalah konsultan bisnis. Jenis konsultan ini cocok untuk sobat yang memiliki di dunia bisnis. Tugas utama konsultan bisnis adalah menganalisis model bisnis klien, lalu memberikan pertimbangan berdasarkan analisis yang telah dilakukan, termasuk di dalamnya adalah perbaikan model bisnis.

Tujuan perbaikan model bisnis yang dilakukan oleh konsultan bisnis adalah meningkatkan pemasukan dan penjualan, meningkatkan performa pegawai, meningkatkan efisiensi perusahaan, serta melakukan atau menyiapkan audit.

Konsultan hukum

Jenis konsultan ketiga adalah konsultan hukum. Jenis konsultan ini sesuai untuk sobat yang mendalami dunia  hukum. Biasanya, konsultan hukum memastikan bahwa perusahaan klien beroperasi sesuai dengan hukum yang berlaku. Apabila klien menghadapi masalah seputar hukum, konsultan hukum akan memberikan solusi terbaik untuk masalah tersebut.

Tugas konsultan hukum adalah memberikan pertimbangan atau masukan seputar permasalah hukum, mengkaji bahan-bahan hukum, memantau penerapan hukum, dan menganalisis serta meneliti tentang hukum yang berlaku.

Konsultan konstruksi

Jenis konsultan hukum yang terakhir adalah konsultan konstruksi. Jenis konsultan ini cocok untuk sobat yang mendalami ilmu keteknikan, khususnya Teknik Sipil. Secara umum tugas konsultan konstruksi adalah mewujudkan seluruh keinginan klien dalam bentuk desain perencanaan proyek, baik itu  konsep perhitungan, gambar, ataupun yang lainnya. 

Tidak hanya itu, masih banyak jenis konsultan lain sesuai dengan bidang yang digelutinya, diantara konsultan IT, konsultan marketing, konsultan media sosial, dan lain sebagainya. Namun, pastinya untuk menjadi seorang konsultan perlu untuk persiapan yang matang, mulai dari ilmu hingga pengalaman.

Sobat engineer dapat mendapatkan ilmu dari berbagai macam cara, mulai dari belajar otodidak hingga mengikuti pelatihan. Apabila sobat ingin mengikuti pelatihan, sobat dapat mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Zamil Consulting. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut sobat dapat menghubungi media sosial Zamil Consulting.

Ultimate Your Engineering Skills With Zamil Consulting

Bagikan Artikel