Software Teknik Sipil yang Wajib Sobat Engineer Kuasai!

Software Teknik Sipil yang Wajib Sobat Engineer Kuasai!

Software Teknik Sipil yang Wajib Sobat Engineer Kuasai!

software teknik sipil

Dunia keteknikan memang penuh dengan tantangan, banyak perhitungan dan desain rumit yang wajib dikerjakan. Termasuk di Teknik Sipil. Melakukan satu kesalahan, satuan hingga ribuan nyawa bisa jadi taruhan. Kabar baiknya, sobat engineer tidak perlu lagi khawatir, karena saat ini terdapat software Teknik Sipil yang siap membantu melakukan desain dan perhitungan yang rumit.

Tidak hanya satu software Teknik Sipil, namun ada banyak software Teknik Sipil yang siap digunakan sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari desain rumah, analisis struktur, hingga analisis geoteknik. Sehingga penting bagi sobat engineer, khususnya yang bergelut di dunia Teknik Sipil untuk menguasai software-software tersebut.

Software Teknik Sipil hadir untuk mengurangi pekerjaan manusia. Tidak hanya itu, ia juga mempu meningkatkan kecepatan kerja, serta mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi. Kemampuan yang dimiliki oleh software tersebut juga beragam, mulai dari menyimpan data hingga menganalisis data.

Disisi lain, dengan menguasai software Teknik Sipil tersebut pastinya akan membuat sobat engineer jauh lebih siap untuk memasuki dunia kerja. Mengingat persaingan dunia kerja bukanlah suatu hal yang mudah untuk dimenangkan, maka perlu untuk persiapan sejak dini. Tidak hanya soft skill, namun juga hard skill.

Berikut adalah ringkasan tiga software Teknik Sipil yang wajib sobat engineer kuasai. Software tersebut sangat membantu apabila sobat engineer ingin berkecimpung di dunia konstruksi.

AutoCAD

software teknik sipil autocad
Software Teknik Sipil AutoCAD

Software Teknik Sipil yang pertama adalah AutoCAD. AutoCAD dapat digunakan untuk membuat cetak biru bangunan hingga jembatan. Biasanya, AutoCAD digunakan untuk membuat gambar 2D. Apabila sobat engineer ingin menjadi Drafter, maka software ini wajib dikuasai.

SAP2000

Software Teknik Sipil SAP2000
Software Teknik Sipil SAP2000

Software Teknik Sipil yang kedua adalah SAP2000. Software Teknik Sipil ini cocok digunakan untuk desain dan analisis struktur. Model structural 2D dan 3D baik geometri sederhana hingga kompleks dapat dimodelkan, dianalisis, dirancang, dan dioptimalkan menggunakan SAP2000 secara praktis.

ETABS

Software Teknik Sipil ETABS
Software Teknik Sipil ETABS

Software Teknik Sipil yang ketiga adalah ETABS. ETABS adalah software yang terintegrasi penuh untuk desain struktural dan analisis bangunan. ETABS cocok digunakan untuk bangunan bertingkat. Memiliki tampilan 3D yang memudahkan sobat engineer untuk menghubungan dan memahami hasil desain dan analisis.

 

Terlepas dari ketiga software tersebut, masih banyak software Teknik Sipil yang akan memudahkan pekerjaan sobat engineer. Beberapa diantaranya adalah Ms Project, Plaxis, Staad Pro, dan lain sebagainya.

 

Bagi sobat engineer yang ingin jago menggunakan software Teknik Sipil, sobat dapat mengikuti pelatihan intensif yang diselenggarakan oleh Zamil Consulting. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 5 hari online atau 2 hari offline yang dibersama oleh trainer handal di bidangnya dengan bertahun-tahun pengalaman.

 

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, sobat engineer dapat menghubungi media sosial Zamil Consulting, khususnya WhatsApp agar mendapatkan respon yang lebih cepat.

Ultimate Your Engineering Skill With Zamil Consulting!

Share and Enjoy !

Shares
You cannot copy content of this page