Klasifikasi Jalan yang Harus Kamu Ketahui!

Klasifikasi Jalan yang Harus Kamu Ketahui!

Ternyata! Jalan Juga ada Klasifikasinya, Temukan Klasifikasinya di Sini!

klasifikasi jalan

Sobat engineer pasti sudah asing lagi dengan ‘jalan’. Hampir setiap hari pasti sobat memanfaatkanya untuk bepergian ke suatu tempat. Baik itu pagi, siang, maupun malam.

Pada dasarnya jalan digunakan sebagai prasarana lalu lintas. Penjelasan tentang jalan, salah satunya termuat dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004.

Berdasarkan Undang-Undang tersebut dijelaskan bahwa Jalan merupakan suatu prasarana transportasi yang meliputi segala bagian jalan termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api,jalan lori dan jalan kabel.

Sebagai prasarana lalu lintas yang memberikan banyak manfaat, jalan juga dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Klasifikasi jalan berdasarkan fungsinya dapat diuraikan sebagai berikut.

Jalan Arteri

Merupakan jalan umum yang dilewati oleh kendaraan angkutan. Ciri jalan arteri ini adalah dilewati oleh kendaraan rute perjalanan yang jauh, kecepatan kendaraan tinggi, pembatasan terhadap jumlah jalan yang masuk. Klasifikasi jalan ini dibagi lagi menjadi dua yaitu arteri primer dan arteri sekunder.

Jalan Kolektor

Adalah jalan umum yang dilewati oleh kendaraan angkutan pembagi atau pengumpul. Jalan kolektor memiliki kecepatan kendaraan sedang, pembatasan pada jalan masuk, dan rute perjalanan kendaraan sedang. Klasifikasi jalan ini dibagi lagi menjadi kolektor primer dan kolektor sekunder.

Jalan Lokal

Merupakan jalan umum yang digunakan oleh kendaraan angkutan lokasi. Ciri-ciri jalan ini yaitu rute perjalanan kendaraan dekat, kecepatan kendaraan rendah, dan adanya pembatasan pada jalan masuk. Jalan ini dibagi menjadi dua yaitu jalan lokal primer dan sekunder.

Jalan Lingkungan

Adalah jalan umum yang dilewati oleh kendaraan angkutan lingkungan. Ciri jalan yang masuk ke dalam klasifikasi ini adalah dilewati oleh kendaraan dengan rute perjalanan dekat dengan kecepatan yang rendah. Jalan dengan klasifikasi ini juga dibagi menjadi dua yaitu jalan lingkungan primer dan sekunder.

Ketika sobat engineer ingin membangun jalan, sobat juga harus menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) agar tidak over budget. Mengingat over budget dapat mengakibatkan terbengkalainya pembangunan jalan.

Bagi sobat engineer yang ingin belajar RAB jalan, sobat dapat bergabung dalam kelas private RAB Jalan yang diselenggarakan oleh Zamil Consulting. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi media sosial Zamil Consulting, khususnya WhatsApp agar mendapatkan respon yang cepat.

Ultimate Your Engineering Skill With Zamil Consulting!

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page