Cara Mudah Menghitung Volume Galian Tanah

Menghitung volume galian tanah merupakan suatu langkah yang amat penting pada suatu perencanaan dan juga pengelolaan proyek. Penyebabnya adalah pekerjaan galian tanah yang merupakan salah satu komponen utama dalam pekerjaan konstruksi. Pekerjaan tersebut umumnya dilaksanakan pada proyek-proyek pembangunan semacam pembangunan jalan, bangunan gedung, dan infrastruktur lainnya.

Pada artikel kali ini, Sobat Engineer akan memahami penjelasan terkait tahapan pekerjaan galian tanah, beserta dengan rumus untuk menghitung volume galian tanah. Baca sampai tuntas karena kami akan memberikan contoh soal yang bisa membantu Sobat untuk memahami konsep secara komprehensif.

Tahapan Pekerjaan Galian Tanah

Sebelum menghitung volume galian tanah, ada baiknya terlebih dahulu memahami tahapan pekerjaan galian tanah. Pada tahapan ini akan melibatkan serangkaian langkah yang penting dilakukan seperti pengukuran, penghitungan, dan persiapan area penggalian. Berikut kami sajikan tahapan-tahapan utama yang hadir dalam pekerjaan galian tanah:

  1. Penentuan Lokasi Galian

Langkah paling awal untuk diterapkan dalam pekerjaan galian tanah adalah penentuan lokasi yang akan dilaksanakan penggalian. Tahap ini didasari pada perencanaan proyek. Pemilihan lokasi yang akurat merupakan hal yang amat penting karena akan memengaruhi aspek lain dari proyek. Jika saja terjadi kesalahan, maka akan fatal dan mengganggu waktu, biaya, dan juga sumber daya yang telah disiapkan.

  1. Pengukuran Area Galian

Pengukuran area galian yang cermat akan menghasilkan penggalian yang akurat. Panjang, lebar, dan kedalaman area galian akan diukur guna menentukan metode yang paling tepat untuk proses penggalian.

  1. Penggalian Tanah

Setelah pengukuran sudah dilakukan, barulah penggalian tanah akan dilaksanakan. Penggalian akan dilakukan sesuai dengan spesifikasi proyek, termasuk kedalaman yang diinginkan. Alat-alat berat seperti excavator dan lainnya akan membantu untuk proses penggalian tanah.

  1. Pengukuran Volume Galian

Setelah proses penggalian selesai, selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengukur dan menghitung volume galian tanah. Volume yang ditemukan ini nantinya akan sangat penting untuk pengelolaan sumber daya dan juga proyek secara efisien. Pengukuran volume bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak pengukuran.

  1. Pembuangan Material

Setelah menghitung volume galian tanah selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah pembuangan material galian. Material yang digali dan tidak lagi dibutuhkan dalam suatu proyek harus mendapatkan pengelolaan yang tepat. Material ada baiknya dibuang ke tempat yang bisa menampung atau dapat digunakan kembali jika masih memungkinkan. Semua tergantung dengan kebijakan proyek dan peraturan lingkungan hidup yang berlaku di wilayah galian.

Rumus Menghitung Volume Galian Tanah

Menghitung volume galian tanah dapat dilakukan dengan rumus dasar berikut:

Volume Galian (m³) = Luas Alas (m²) x Kedalaman (m)

Contoh Soal 1

Misalkan ada sebuah lubang galian dengan luas alas 50 m² dan kedalaman 2 meter. Berapa volume galian tanah yang dihasilkan?

Jawaban

Volume Galian = Luas Alas x Kedalaman

Volume Galian = 50 m² x 2 m

Volume Galian = 100 m³

Jadi volume galian tanah yang dihasilkan adalah 100 m³

Contoh Soal 2

Ada proyek konstruksi yang melibatkan galian tanah di sebuah bukit. Area galian memiliki bentuk trapesium dengan panjang sisi atas 40 meter, panjang sisi bawah 30 meter, dan tinggi 15 meter. Hitunglah volume galian tanah ini!

Jawaban

Pertama, kita harus menghitung luas alas trapesium:

Luas Alas = (1/2) x (panjang sisi atas + panjang sisi bawah) x tinggi

Luas Alas = (1/2) x (40 m + 30 m) x 15 m

Luas Alas = 525 m²

Selanjutnya, kita dapat menggunakan rumus volume galian tanah:

Volume Galian = Luas Alas x Kedalaman

Volume Galian = 525 m² x 15 m

Volume Galian = 7875 m³

Jadi, volume galian tanah adalah 7875 meter kubik.

Contoh Soal 3

Ada proyek pembangunan jalan tol yang melibatkan galian dalam bentuk trapesium. Panjang sisi atas trapesium adalah 80 meter, panjang sisi bawah adalah 60 meter, dan tinggi galian adalah 10 meter. Hitung volume galian tanah ini, tetapi kali ini dengan alas yang memiliki kemiringan sejajar dengan panjang sisi bawah trapesium.

Jawaban

Kita akan menggunakan rumus trapesium untuk menghitung luas alas trapesium:

Luas Alas = (1/2) x (panjang sisi atas + panjang sisi bawah) x tinggi

Luas Alas = (1/2) x (80 m + 60 m) x 10 m

Luas Alas = 700 m²

Selanjutnya, kita dapat menggunakan rumus volume galian tanah:

Volume Galian = Luas Alas x Kedalaman

Volume Galian = 700 m² x 10 m

Volume Galian = 7000 m³

Jadi, volume galian tanah adalah 7000 meter kubik.

Contoh Soal 4

Ada proyek galian tanah yang melibatkan beberapa bidang yang memiliki bentuk tidak teratur. Anda memiliki data pengukuran dalam bentuk titik koordinat XYZ untuk area galian. Bagaimana Anda akan menghitung volume galian tanah dalam situasi ini?

Jawaban

Dalam situasi galian dengan bentuk tidak teratur, dapat digunakan perangkat lunak pemodelan topografi dan komputer untuk menghitung volume dengan tepat. Langkah-langkah umumnya melibatkan:

  1. Membangun model 3D berdasarkan data XYZ yang tersedia.
  2. Mengukur volume antara dua permukaan dalam model 3D, yaitu permukaan sebelum penggalian dan permukaan setelah penggalian.
  3. Perangkat lunak akan menghitung volume antara kedua permukaan ini, memberikan Anda hasil volume galian tanah.

Penggunaan perangkat lunak ini akan memberikan hasil yang lebih akurat daripada perhitungan manual dalam situasi yang kompleks dan tidak teratur seperti ini.

Itulah tadi pembahasan komprehensif terkait cara menghitung volume galian tanah beserta tahapan pekerjaan galian tanah. Bagi Sobat Engineer yang tertarik mendalami lebih lanjut, bisa mengikuti pelatihan geoteknik yang diselenggarakan oleh Zamil Consulting. Pelatihan ini akan secara komprehensif memberikan materi yang dimatangkan oleh para ahli dan profesional di bidangnya. Segera daftarkan diri Sobat, jangan sampai kelewatan penawaran menarik dari kami. Klik di sini untuk mendaftar!

Ultimate Your Engineering Skill With Zamil Consulting

Bagikan Artikel
Kirimkan Pesan
1
Hubungi Kami
Zamil Consulting
Hi! Silakan tinggalkan pesan Anda untuk lebih banyak infromasi.